SELAMAT DATANG DI DUNIA KARYA, SEMOGA BERMANFAAT, KRITIKAN DAN MASUKAN SANGAT SAYA HARAPKAN. TERIMA KASIH

Kamis, 29 November 2012

ANALISIS RELIABILITAS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER BIDANG STUDI IPS KELAS XI SMK PGRI 05 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011 TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI



A.    Latar Belakang
Komponen dalam pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Proses belajar mengajar termasuk penguasaan materi selalu akan berorientasi kepada tujuan pembelajaran. Apakah tujuan pembelajaran tercapai atau tidak, baru akan terjawab setelah diadakan evaluasi dengan persyaratan memperhatikan tujuan pembelajaran dan materi pelajaran.
Kegiatan evaluasi mempunyai peranan yang penting dalam pendidikan, begitu pula dalam proses pembelajaran karena dengan evaluasi dapat diketahui hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan dari hasil tersebut dapat ditentukan tindak lanjut yang akan dilakukan. Evaluasi merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh evaluator terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Alat yang digunakan sebagai sarana untuk menentukan nilai adalah tes. Tes pada umumnya digunakan untuk menilai dan mengukur hasil belajar siswa, terutama hasil belajar kognitif berkenaan dengan penguasaan bahan pengajaran sesuai dengan pendidikan dan pengajaran.
Keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari pola penilaian hasil belajar yang telah ditentukan sesuai standar kurikulum yang berlaku. Penilaian merupakan salah satu bagian penting dalam rangkaian proses pembelajaran dalam pendidikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa baik tidaknya kegiatan pendidikan, salah satunya ditentukan oleh penilaian hasil belajar. Ketepatan penilaian hasil belajar memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
     Tes sebagai alat evaluasi dalam pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam mengukur prestasi hasil belajar siswa. Tes yang baik disamping melihat validitasnya juga harus memperhatikan reliabilitasnya. Sesuai dengan perkembangan dalam dunia pendidikan, maka alat evaluasi yang digunakan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat itu. Begitu juga kualitas dari alat evaluasi diharapkan harus memperhatikan reliabilitasnya, sehingga dapat dipercaya bagi kompetensi yang diharapkan tercapai oleh siswanya.
Soal ujian semester bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial kelas XI yang diujikan di SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 sebagai salah satu alat evaluasi, sebelumnya tidak diujicobakan terlebih dahulu, sehingga belum diketahui reliabilitas dari setiap butir soal tersebut. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan dari soal ulangan harian itu sendiri agar tidak bocor sebelum ulangan dilaksanakan. Sehingga perlu diketahui bagaimanakah kualitas soal-soalnya, apakah syarat reliabilitasnya telah terpenuhi ataukah belum, serta apakah sudah dapat menunjukkan seberapa jauh kemampuan siswanya terhadap setiap kompetensi dasar yang harus dicapai pada semester tersebut.
Soal dikatakan mempunyai kualitas yang baik apabila mempunyai reliabilitas, dan daya beda yang tinggi, serta tingkat kesukaran yang sedang, dan yang tidak kalah pentingnya, soal tersebut dapat mengukur kompetensi yang diharapkan tercapai. Berlakunya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sekarang ini keleluasaan guru dalam melakukan penilaian mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan, termasuk dalam menyusun soal tes. Butir soal yang disusun harus mencakup seluruh kurikulum, yang di situ kompetensi dasarnya harus dicapai. Setiap butir soal hendaknya memiliki  reliabilitas artinya dapat dipercaya atau dapat diandalkan.
Suatu alat ukur yang baik adalah alat pengukur yang mempunyai reliabilitas yang tinggi, artinya setiap kali alat pengukur digunakan untuk mengukur hal yang sama, maka hasil pengukurannya tetap (Nasoetion, 1993:103), sehingga kesesuaian antara alat ukur dengan isi yang seharusnya diukur benar–benar terwujud dalam penulisan soal.  Soal ujian semester untuk bidang studi IPS yang diujikan di SMK PGRI 05 Jember berbeda dengan soal yang diujikan untuk sekolah-sekolah SMA lainnya yang ada di Kabupaten Jember. Soal Ujian Semester yang dilaksanakan di SMK PGRI 05 Jember disusun sendiri oleh guru-guru bidang studi IPS yang mengajar di sekolah tersebut. Berawal dari sini mengundang keingintahuan penulis untuk menganalisis apakah soal ulangan akhir semesternya telah memenuhi syarat-syarat tes yang baik atau belum. Syarat-syarat tes yang dimaksud di sini adalah syarat reliabilitas dan syarat yang paling utama adalah apakah soal ujian semester tersebut dapat dapat dipercaya atau dapat diandalkan pada setiap kompetensi dasar yang diharapkan tercapai pada semester itu. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang kualitas Soal Ujian Semester bidang studi IPS yang dilaksanakan di SMK PGRI 05 Jember.Untuk mengetahui apakah evaluasi yang dilakukan melalui penilaian dengan menggunakan tes sesuai dengan yang diharapkan maka diperlukan adanya peninjauan kembali, setidaknya  instrumen pengujiannya. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis menganggap perlunya dilakukan penelitian mengenai “Analisis Reliabilitas Butir Soal Ujian Semester Bidang Studi IPS Kelas XI SMK PGRI 05 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 Terhadap Pencapaian Kompetensi

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah kualitas butir soal ujian semester bidang studi IPS kelas XI SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 apabila ditinjau dari analisis reliabilitasnya.
2.     Apakah soal ujian semester bidang studi IPS yang diberikan kepada siswa kelas XI SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 tersebut dapat mengukur ketercapaian setiap kompetensi yang  diharapkan tercapai?

C.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.   Untuk mengetahui kualitas butir soal ujian semester bidang studi IPS kelas XI SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011 apabila ditinjau dari analisis reliabilitasnya.
2.   Untuk Mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi yang diharapkan tercapai melalui soal ujian semester bidang studi IPS yang diberikan kepada siswa kelas XI SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011.

D.    Kegunaan Penelitian
1.  Dengan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat menjadi masukan bagi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Jember sebagai bahan untuk menentukan kebijakan dan langkah-langkah yang dipandang efektif di bidang pendidikan, terutama yang berhubungan dengan evaluasi.
2.   Bagi Guru khususnya penyusun soal ujian semester bidang studi IPS di SMK PGRI 05 Jember, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan soal yang akan datang sehingga dapat menyempurnakan atau memperbaiki kualitas soal yang kurang baik atau tidak reliabel, dan sebagai referensi dalam memilih soal-soal, serta dapat membantu melihat terukur tidaknya kompetensi yang diharapkan tercapai melalui soal tersebut, sehingga dapat dijadikan umpan balik untuk peningkatan atau perbaikan hasil belajar siswa pada periode berikutnya.
3.   Soal yang sudah dianalisis dan hasilnya berkualitas dalam arti memiliki reliabilitas yang tinggi, serta dapat mengukur kompetensi yang diharapkan, dapat dijadikan sebagai kumpulan soal/bank soal.
4.      Bagi Lembaga Universitas Jember
Hasil penelitian ini akan meambah perbendaharaan karya ilmiah dan ilmu pengetahuan di Universitas Jember yang selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut.
5.      Bagi Peneliti Selanjutnya
Sebagai bahan informasi untuk mengadakan penelitian yang lebih lanjut atau pengadaan analisis reliabilitas butir soal ujian semester terhadap pencapaian kompetensi.
6.      Bagi Penulis
Penelitian ini sebagai sarana latihan untuk mengembangkan kemampuan/ keterampilan dan kreatifitas dalam menganalisis reliabilitas butir soal ujian semester terhadap pencapaian kompetensi.

E.     Ruang Lingkup Dan Keterbatasan Masalah
Penelitian ini memiliki rang lingkup dan keterbatasan masalah sebagai antara lain:
1.      Ruang Lingkup
Objek penelitian adalah butir soal ujian semester di SMK PGRI 05 Jember tahun 2010/2011
2.      Keterbatasan Masalah
      a.   Lokasi penelitian ini berada di SMK PGRI 05 Jember jalan Krakatau 60 Kencong, Jember.
      b.   Penelitian ini hanya mendeskripsikan tentang reliabilitas butir soal ujian semester bidang  studi IPS kelas XI SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2010/2011.
    c. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan metode bentuk parallel (equivalent), metode tes ulang (test-retest-method), dan metode belah dua (split-half-method).

F.     Definisi Operasional
Definisi istilah atau definisi operasional diperlukan apabila diperkirakan akan timbul perbedaan pengetian atau kekurangan jelasan makna suatu istilah. Untuk menghindari pemaknaan yang kurang sesuai terhadap istilah-istilah dalam penulisan ini, maka perlu ditegaskan beberapa definisi operasional sebagai berikut.
1.      Analisis soal adalah suatu prosedur yang sistematis, yang akan memberikan informasi-informasi yang sangat khusus terhadap butir tes yang kita susun (Arikunto, 2001: 205). Pada penelitian ini yang di analisis adalah:
2.      Reliabilitas suatu tes pada hakekatnya menguji keajegan pertanyaan tes yang di dalamnya berupa seperangkat butir soal apabila diberikan berulang kali pada obyek yang sama. Suatu tes dikatakan reliabel apabila beberapa kali pengujian menunjukkan hasil yang relatif sama (Arikunto, 2002:86). Suatu tes dapat dikatakan mempunyai taraf kepercayaan yang tinggi jika tes dapat memberikan hasil yang tetap.
3.   Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana tertentu dengan cara dan aturan-aturan yang telah ditentukan (Arikunto, 2001: 53). Adapun soal yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah soal ujian semester yaitu tes yang dilaksanakan di SMK PGRI 05 Jember pada tahun 2010/2011.
4.  Kompetensi merupakan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai, sikap dan minat yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak yang dapat dikenali melalui sejumlah hasil belajar dan indikatornya yang dapat diukur dan diamati (Hasan,  2007: 9). Adapun kompetensi yang dimaksudkan di sini adalah kompetensi dasar dari mata pelajaran Kimia yang diharapkan tercapai melalui soal tersebut berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat oleh penyusun soal pada semester itu.
5.     Jadi yang dimaksud dengan analisis reliabilitas butir soal ujian semester bidang studi IPS kelas XI SMK PGRI 05 Jember pada tahun 2010/2011 terhadap pencapaian kompetensi adalah suatu prosedur yang sistematis untuk menelaah butir-butir soal IPS di SMK PGRI 05 Jember kelas XI yang berupa soal ujian semester tahun ajaran 2010/2011, sehingga diperoleh informasi khusus, informasi khusus dalam hal ini adalah kualitas soal ujian semester tersebut ditinjau dari analisis reliabilitasnya serta analisis pada tepat tidaknya kompetensi yang diharapkan tercapai pada semester itu melalui soal ujian semester tersebut.
6.    Data ordinal adalah data yang menunjuk pada tingkatan atau penjenjangan pada sesuatu keadaan. Berbeda  dengan data nominal yang menunjukkan adanya perbedaan secara kategorik, data ordinal juga memiliki sifat adanya perbedaan di antara obyek yang dijenjangkan. Namun dalam perbedaan tersebut terdapat suatu kedudukan yang dinyatakan sebagai suatu urutan bahwa yang satu lebih besar atau lebih tinggi daripada yang lainnya.Kriteria urutan dari yang paling tinggi ke yang yang paling rendah dinyatakan dalam bentuk posisi relatif atau kedudukan suatu kelompok. Contoh dari data ini misalnya: reliabilitas butir soal diklasifikasikan menjadi kelompok “baik”, “cukup”, dan “kurang”.

1 komentar:

  1. Assalamu'alaykum. Terima kasih atas postingan yang sangat bermanfaat ini. Saya ingin membaca penelitian ini secara keseluruhan, sampai bagian kesimpulan. Kira-kira, bagaimana saya mendapatkan keseluruhan hasil penelitian ini?

    BalasHapus